PROFIL

SEJARAH PERUSAHAAN
PT Vans  adalah Perusahaan asosiasi dari vans Shoes Organization. Perusahaan memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit , sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, dan sepatu olahraga,. Merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Profil singkat perusahaan:
      Tahun 1931, didirikan di Indonesian sebagai importer sepatu
      Tahun 1940, memulai produksi di pabrik Kalibata di Jakarta
      Tahun 1982, tercatat di Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia) pada tangga 24 Maret
      Tahun 1994, menyelesaikan pembangunan pabrik Purwakarta
      Tahun 2004, memperoleh lisensi untuk importer dan distributor umum
      Tahun 2008,  menjual pabrik Kalibata dan memindahkan kegiatan produksi ke Pabrik Purwakarta
      Tahun 2008, memindahkan kantor administrasi dan pemasaran ke Graha Bata, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
      Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia
      Tahun 2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek Vans doren
Vans  memperkuat posisinya sebagai pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru vans harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu vans adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.


STRUKTUR ORGANISASI



VISI 
Menjadi pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.

MISI
·         Suskses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis dan fleksible serta  mengerti kondisi pasar alas kaki
·         Meningkatkan pelayanan dan kualitas produk untuk kepuasan pelanggan.
·         Menggunakan teknologi terbaik serta memberikan kontribusi positif kepada Lingkungan sekitar,baik manusia maupun alam.


TUJUAN
·         Untuk menjadi pemimpin pasar dalam bisnis alas kaki dengan volume penjualan nomor satu.
·         Untuk mendapatkan kepuasan hati melalui pelayanan, dari harga maupun kualitas.
·         Untuk menyediakan dan mengembangkan sistem informasi yang didukung oleh teknologi dan inovasi mutahir untuk kebutuhan perusahaan dan konsumen.

ANALISIS KOMPETENSI ( DAYA SAING  PT Sepatu Vans )
Sumber daya yang dimiliki :
1. Sumber Daya Berwujud
    a. Memiliki banyak cabang store
    b. Memiliki pabrik tempat memproduksi alas kaki
    c. memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu , sepatu kanvas buit-up, sepatu santai dan sepatu olahraga
    d. Bahan produk berkualitas dan tahan lama
    e. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
    f. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
    g. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
2. Tak berwujud
    a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
    b. Adanya etos kerja yang baik, tanggung jawab pada masing-masing entitas
Kemampuan
 a. Memiliki banyak cabang store
 b. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
 c. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
 d. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
 e.  Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
 f. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
Kemampuan inti
 a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
 b. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
 c. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
 d. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Keunggulan bersaing yang berkesinambungan 
PT Sepatu Vans ini telah mendesain penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern. Bukan hanya gerai dan desain toko yang terlihat modern, akan tetapi sebanding dengan produk Vans yang berkualitas tinggi dan tahan lama.
Daya Saing
Dengan adanya merek berlisensi perusahaan pada PT Sepatu Vans ini akan meningkatkan nilai lebih pada perusahaan ini, dan yang terpenting ada beberapa poin yang menjadi titik penekakan pada produk alas kaki yang dihasilkan yaitu menekankan pada sisi kekuatan dan kualitas produk yang baik (keawetan dan tahan lama) pada produk alas kaki. Begitupula pada manajemen pendesainan gerai dengan yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern,pada pendesainan gerai dan toko ini menjadi ciri khas tersendiri yang hanya dimiliki oleh perusahaan. 
Dengan memiliki outlet yang banyak dan saluran distribusi yang tersebar di Indonesia, ini akan mengarah pada semakin dikenalnya produk alas kaki dan dapat menguatkan branding milik PT Sepatu Vans.
ANALISIS SWOT
STRENGTH
 a. Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
 b. Produk Vans memilki kualitas tinggi, awet, dan tahan lama
 c. Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
 d.  Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
 e. Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan keterampilan
 f. Saluran distribusi luas
 g. Memiliki teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang sehingga  mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki


 WEAKNESSES
 a. Mesin produksi yang hargannya tinggi
 b. Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilka akibat mengejar target produksi
 c. Produk Vans tidak mengikuti perubahan lifestyle yang ada di Indonesia
 d. Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat

 OPPORTUNITIES
a.Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
b. Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Vans E-Commerce
c. Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
d. Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
e. Informasi antara pemasok dan perusahaan lancar

 THREATS
a. Perubahan  teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
b. Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion
c. Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
d. Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
e. Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri  Sepatu Vans yang lebih mementingkan keawetan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VANS DI INDONESIA

Di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta, sepatu Vans tidak hanya di pakai oleh para skater, tetapi oleh personil band dan  sneaker freak (or...